email UNS


SEKAPUR SIRIH >>

Selamat datang di Bagian Perlengkapan UNS Solo. Bagian Perlengkapan merupakan salah satu Unit kerja Bagian di bawah Biro Administrasi Umum dan Keuangan, mempunyai tugas melaksanakan Administrasi Perlengkapan.

Untuk menjalankan tugas tersebut Bagian Perlengkapan mempunyai fungsi: Melaksanakan Administrasi Pengadaan dan Pemeliharaan Perlengkapan serta melaksanakan Inventarisasi dan mempersiapkan usul penghapusan barang perlengkapan.

Bagian Perlengkapan terdiri dari Sub Bagian Pengadaan dan Pemeliharaan serta Sub Bagian Inventarisasi dan Penghapusan. Untuk mendukung layanan Administrasi Perlengkapan, Bagian Perlengkapan mempunyai unit gudang yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang persediaan berupa ATK / BHP dan lain-lain . Untuk melayani kebutuhan ATK / BHP unit-unit kerja di lingkungan Universitas.

Sebagai unit kerja yang amanah, profesional dan berwawasan kedepan, Bagian Perlengkapan senantiasa berusaha meningkatkan kualitas program dan kinerja agar dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada unit kerja terkait dilingkungan Universitas Sebelas Maret khususnya dan masyarakat pada umumnya, oleh karena itu Bagian Perlengkapan UNS terbuka bagi setiap masukan yang bersifat membangun.

Wassalamu’ alaikum Wr. Wb.

Kepala Bagian Perlengkapan
Universitas Sebelas Maret

Danang Tomi Harjanto, S.Sos
NIP. 197106111992031001

.: PROFIL :.

Bagian Perlengkapan adalah salah satu unit kerja pendukung pada Biro Administrasi Umum dan Keuangan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 0201/O/1995 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Sebelas Maret.

Bagian perlengkapan memiliki 19 Staff yang terdiri dari 1 Kepala Bagian, 2 Kepala Sub Bagian, dan 16 Staff dengan beragam kualifikasi.
Hal yang lebih detail tentang kami dapat dilihat pada link berikut ini

| Struktur Organisasi | Staff |


Tujuan dan Sasaran

  • Tujuan
    1. Peningkatan pelayanan yang berkualitas dalam bidang inventarisasi dan penghapusan barang milik kekayaan negara.
    2. Peningkatan pelayanan yang berkualitas dalam bidang pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana di lingkungan Universitas Sebelas Maret
  • Sasaran
    Peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dalam rangka meningkatkan kinerja di bagian perlengkapan dalam bidang Pengadaan dan Pemeliharaan Barang / Jasa serta Inventarisasi dan Penghapusan Barang Milik Kekayaan Negara.

Tugas Pokok
Melaksanakan administrasi Perlengkapan.

Fungsi

  1. Melaksanakan administrasi Pengadaan dan Pemeliharaan Perlengkapan.
  2. Melaksanakan inventarisasi dan mempersiapkan usul penghapusan barang Perlengkapan

A

Sub Bagian Pengadaan dan Pemeliharaan Barang / Jasa

Tugas Pokok dan Fungsi
Melakukan urusan pengadaan dan pemeliharaan

 

1. Pengadaan
yang dimaksud pengadaan barang / jasa Pemerintah adalah kegiatan pengadaan/pembelian barang/jasa yang dibiayai baik sebagian atau seluruhnya dengan APBN/APBD dan di luar APBN, baik yang dilaksanakan secara swakelola maupun oleh penyedia barang/jasa.

 

2. Pemeliharaan
yang dimaksud pemeliharaan barang adalah Suatu kegiatan perbaikan terhadap barang milik kekayaan negara yang sudah menurun nilai pakai ekonomisnya dengan maksud untuk memperpanjang umur pemakaian barang tersebut agar dapat berfungsi secara maksimal.


Rincian Tugas Sub Bagian Pengadaan dan Pemeliharaan:

  1. Menyusun rencanan dan program kerja sub bagian dan mempersiapkan penyusunan dan program kerja bagian.
  2. Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan dibidang perlengkapan daqn jasa.
  3. Mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data pengadaan, pendistribusian, penggunaan, dan pemeliharaan barang perlengkapan.
  4. Mempersiapkan bahan rencana pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, dan pendistribusian barang perlengkapan.
  5. Mempersiapkan bahan pelaksanaan pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, dan pendistribusian barang perlengkapan.
  6. Melakukan pengelolaan pergudangan.
  7. Melakukan administrasi pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, dan pendistribusian barang perlengkapan.
  8. Mempersiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, pendistribusian, dan pengamanan barang perlengkapan / jasa.
  9. Mempersiapkan bahan penyelesaian sengketa dan tuntutan ganti rugi dibidang perlengkapan dan jasa.
  10. Melakukan penyusunan statistik barang perlengkapan.
  11. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat dibidang perlengkapan.
  12. Menyusun laporan sub bagian dan mempersiapkan penyusunan laporan bagian.

B

Sub Bagian Inventarisasi dan Penghapusan

Tugas Pokok dan Fungsi
Melakukan administrasi inventarisasi dan mempersiapkan usul penghapusan barang perlengkapan

 


1. Inventarisasi
yang dimaksud inventarisasi barang milik Negara adalah Kegiatan untuk melakukan pencatatan dan pendaftaran Barang Milik Negara pada suatu saat tertentu.

 

2. Penghapusan
deskripsi singkat yang dimaksud penghapusan barang / jasa

 

Rincian Tugas Sub Bagian Pengadaan dan Pemeliharaan:

  1. Menyusun rencana dan program kerja sub bagian.
  2. Menghimpun dan mengkaji peraturan perundang-undangan dibidang perlengkapan.
  3. Mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data barang inventaris.
  4. Melakukan penusunan rencana inventarisasi barang perlengkapan.
  5. Melakukan inventarisasi barang.
  6. Melakukan pemberian kode barang inventaris.
  7. Mempersiapkan bahan usul penghapusan barang perlengkapan.
  8. Mempersiapkan bahan pelaksanaan penghapusan barang perlengkapan.
  9. Mempersiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan inventarisasi dan penghapusan.
  10. Melakukan penyimpanan dokumen dan surat dibidang inventarisasi dan penghapusan barang perlengkapan.
  11. Menyusun laporan sub bagian.

halaman utama | profil | sdm | dokumentasi | kontak

© 2012 Bagian Perlengkapan UNS | All rights reserved